Menanam Cabe di Luar Negri

Published by Nia on

Menanam Cabe di Luar Negri

Hal yang memotivasi aku secara pribadi untuk menanam cabe adalah karena aku suka banget makanan pedas dan di Amerika harus ke toko Asian agar bisa menemukan cabe dan harganya lumayan mahal.

Cabe atau Cayenne pepper bisa bertumbuh di iklim dengan suhu 70-80 F dan akan mati di suhu 55 F (sekitar 12 celcius). Hal ini lah yang menyebabkan untuk menanam cabe di Luar negri membutuhkan perencanaan yang matang.

Langkah-langkah menanam cabe
  1. Untuk menanam cabe dari benih,lakukan penyemaian didalam ruangan. Apalagi jika kita tinggal di Negara 4 musim. Waktu yang paling tepat untuk mulai menanam benih cabe adalah 1-2 minggu setelah last frost ditempat kita tinggal berlalu .  Pastikan suhu ruangan berkisar 75F (23C). Karena di suhu inilah benih akan mulai proses germinasi. Lalu butuh waktu sekitar 14 hari hingga tunas muncul.
  2. Setelah tunas muncul lakukan proses hardening. Artinya ketika suhu mulai naik, tunas tersebut bisa kita bawa keluar ruangan dan biarkan terpapar matahari serta angin di luar. Tujuannya agar saat tanaman dipindahkan ke tanah atau di letakkan di luar ruangan mereka tidak shock dan terbiasa dengan iklim yang ada.
  3. Cabe membutuhkan setidaknya 6-8 jam paparan matahari. Pastikan sebelum memindahkan tunas cabe ke tanah, tempat yang kita pilih mendapatkan cukup sinar matahari. 
Merawat Cabe
  1.  Cabe termasuk salah satu tanaman yang sangat mudah untuk ditumbuhkan. Hindari terlalu sering menyiram cabe, siram hanya jika lapisan atas tanah terlihat kering. Salah satu tanda cabe membutuhkan air adalah saat dedaunannya berubah warna menjadi kering.
  2. Pruning/pangkas dedaunan  serta batang yang terlihat lembek atau berpenyakit. Gunakan gunting khusus tanaman yang sudah di sterilkan dengan rubing alkohol. Pruning ini agar penyakit tidak menyebar ke bagian lain di pohon cabe tersebut. 
  3. Cek Hama. Cabe sangat rentan akan serangan hama seperti kutu daun ataupun siput. Segera semprot dengan pestisida organik jika terlihat tanda tanda ini. 
Kapan Cabe Siap di Panen

Cabe sendiri membutuhkan waktu sekitar 70-100 hari hingga siap panen. Idealnya cabe siap dipanen saat mulai berwarna kemerahan. Jika dipanen saat cabe masih berwarna hijau biasanya rasanya agak sepet dan kurang pedas. Waktu terbaik adalah saat cabe berwarna merah merona. Cabe bisa tahan 1-5 hari di suhu ruangan, 1-2 minggu didalam kulkas dan tahan 4-5 bulan didalam freezer.

Please follow and like us:

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *