GREENCARD INTERVIEW 2020

halo semuanya, kali ini aku ingin berbagi pengalaman saat menjalani Green card interview di kantor USCIS Greer South carolina.

Sebelumnya bagi kalian yang baru pertama kali membaca Blog ini singkat cerita, aku berkenalan dengan suami US citizen di tahun 2018, lalu kami berencana untuk menikah sehingga jalan pertama yang kami tempuh untuk melegalkan hubungan kami adalah mengurus K1 Visa atau biasa disebut Visa tunangan agar aku bisa masuk ke Amerika dan menikah di Sana.

Puji Tuhan K1 Visaku di approve di bulan Juni 2019, lalu kami berangkat ke Amerika untuk menjalani pernikahan Sipil di tanggal 24 Agustus 2019  dan setelahnya mengurus Adjustment of Status(AOS).

AOS sendiri merupakan Prosedur untuk melegalkan statusku sebagai permanent resident di Amerika, sehingga jika aku suatu saat ingin berlibur/pulkam ke Indonesia aku tidak perlu apply tourist Visa untuk masuk ke Amerika. Prosedur ini kami submit sekitar bulan September 2019, bisa kalian liat detailnya di postingan ini https://bulewife.com/2020/01/10/pengurusan-green-card-di-amerika-tahun-2019/.

Nah,biasanya proses Greencard tidak memakan waktu lama apalagi aku sudah mendapatkan notifikasi yang menginformasikan Work permit & travel permitku di Approved. Namun dikarenakan wabah covid 19, Greencard interviewku yang dijadwalkan April 2020 harus tertunda. Terakhir kali aku mengecek Case status ku di website USCIS itu sekitar bulan Mei 2020   https://egov.uscis.gov/casestatus/landing.do, sempat beberapa kali juga menelpon ke Kantor USCIS. Namun jawaban yang mereka berikan selalu sama, disuruh menunggu untuk instruksi selanjutnya.

Tak disangka sangka hari senin 28 September 2020, aku mendapatkan surat pemberitahuan untuk menjalani interview Greencard untuk Senin 05 Oktober 2020 jam 11:45.

Akhirnya hari yang ditunggu tunggu pun tiba, meskipun sehari sebelumnya sempat mengalami kendala karena kami kurang persiapan yang mana aku dan suami tidak membaca secara menyeluruh surat yang kami terima. Sehingga kami menyiapkan  dokumen-dokumen yang perlu dibawa di Senin paginya, ala ala bangun candi untuk roro jonggrang “Ngebut candi dalam semalam” haha

Ok Baiklah, sekarang aku akan cantumkan dokumen apa saja yang harus dibawa, bisa kalian liat di poto terlampir

bisa kalian liat banyak sekali dokumen yang harus dipersiapkan, meskipun hampir 90% persyaratan yang mereka cantumkan sudah kita lampirkan pada saat mengajukan AOS, tetep saja untuk jaga-jaga kita harus mempersiapkan seluruh document ini.

Kami datang ke kantor USCIS sekitar jam 10:30 lebih awal dari jadwal interview, karena aku dan suami ingin memastikan bahwa bayi boleh di bawa masuk  , karena di form notifikasi di informasikan bahwa anak-anak tidak boleh dibawa, namun kembali lagi ke kebijakan kantor USCIS masing-masing states. Puji Syukur kami diperbolehkan untuk membawa si bayi masuk di ruangan interview. 

Waktu menunjukkan sekitar pukul 12:15, akhirnya kami dipanggil oleh seorang petugas imigrasi paruh baya. 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *