Renewal Green Card Amerika

Hai hai para handai taulan , kali ini aku akan berbagi info seputar perpanjangan atau renewal Greencard.  Sebelumnya aku mendapatkan Greencard ku di bulan Oktober tahun 2020 . Liat persyaratan dan cerita lengkapnya disini https://bulewife.com/2020/10/16/akhirnya-aku-memiliki-green-card/.

Greencard yang aku miliki memiliki masa validasi 2 tahun, Nah GC sendiri bisa langsung kita ajukan perpanjangannya dalam periode 90 hari sebelum GC tersebut expired.  Untuk mengetahui secara pasti rentang 90 hari sebelum GC tersebut expired bisa menggunakan calculator yang disediakan di website resmi USCIS https://www.uscis.gov/forms/uscis-early-filing-calculator

Baiklah , berikut persyaratan untuk mengajukan Greencard renewal atau biasa disebut dengan ROC(Removal of Condition)

  • Mengisi Form I-751 https://www.uscis.gov/sites/default/files/document/forms/i-751.pdf
  • Siapkan Dokument pendukung sbb;
    1. Copy Green Card
    2. Driver License Suami & aku (menunjukan bahwa alamatnya sama)
    3. Copy Akta lahir anak (ada nama suami & nama ku)
    4. Laporan pajak (filling jointly as married)
    5. Copy 401k yang menyatakan bahwa aku sebagai penerimanya
    6. Copy Rekening koran bank (karena joint account ada nama suami & istri)
    7. Copy Statement credit card (aku pake credit card supplement dari suami)
    8. Copy Deed (Akta Rumah) yang menyebutkan nama kami suami-istri sebagai pemiliknya
    9. Copy Asuransi yang menginformasikan istri sebagai penerima
    10. Copy Itenary, passport yang ada stamp imigrasi saat kami liburan ke Indonesia Maret 2022.
    11. Affidavit (surat pernyataan) dari keluarga/teman yang menguatkan bahwa hubungan pernikahan kami valid. kami minta keluarga & teman untuk mengesahkan affidavit ini ke public notary
    12. Foto-foto keluarga disertai keterangan
    13. Surat, undangan , kartu ucapan yang dialamatkan kepada kami
  • Untuk pembayaran kami menggunakan Debet dari credit card kami sebesar $680. Karena itu kami mengisi form yang mengautorisasi pembayaran tersebut. Namun untuk pembayaran bisa juga menggunakan money order. 

Persyaratan ini aku lengkapi dan kirim ke USCIS tanggal 15 Juli 2022, ke alamat dropbox USCIS. Informasi alamat pengiriman disesuaikan dengan state kita tinggal dan bisa kalian liat di link berikut https://www.uscis.gov/i-751-direct-filing-addresses.

Kemudian di tanggal 29 Juli 2022, aku menerima NOA I-797 bawah dokumenku diterima oleh USCIS dan di informasikan Conditional Permanent residentku diperpanjang 24 bulan dari masa expirasinya . Yang mana selama masa proses perpanjangan NOA ini bisa aku pergunakan untuk berpergian atau bekerja. 

Baiklah, itu dia informasi seputar persyaratan Removal of Condition atau biasa dikenal dengan perpanjangan Greencard, nanti akan aku update apakah aku perlu biometric ulang dan interview.

terimakasih sudah membaca dan semoga informasi ini bermanfaat

Please follow and like us:

Leave a Reply