Passpor Amerika Anak Dwikewarganegaraan

Hai semuanya, terimakasih sudah mampir di Blog bulewife.com , kali ini aku ingin berbagi informasi mengenai cara pembuatan passport Amerika untuk anak pelaku kawin campur.

Sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia, anak dibawah 17 tahun bisa memiliki dua kewarganeraan namun saat menginjak usia 17 tahun atau paling lambat 21 tahun. Anak ini harus memilih kewarganegaraan yang akan mereka miliki. 
Yang mana karena Janix masih kicik alias baru setahun, jadi aku sudah membuatkan passpor Indonesia & Amerika untuknya.

Persayaratan untuk membuat passport Amerika sangatlah mudah, namun prosesnya cukup memakan waktu lama. Karena itu jika kalian berencana untuk membuat passport Amerika anak kalian, setidaknya buat 1-2 bulan sebelum meninggalkan/traveling keluar dari Amerika.

 

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pembuatan Passport Amerika anak dibawah 16 tahun ;

  • Mengisi form DS-11 tersedia dalam bentuk PDF & Digital form filler  https://eforms.state.gov/Forms/ds11.pdf
  • Menyiapkan bukti kewarganegaran Amerika, berupa Sertifikat lahir anak (ASLI). 
  • Membawa fotokopi Sertifikat Lahir anak 
  • Menyiapkan foto terbaru berwarna ukuran 2×2 inch . Photo bisa dilakukan di CVS , atau beberapa fasilitas pembuatan passport yang kami datangi di kantor pos wellford South Carolina menyediakan sarana untuk pengambilan foto di tempat.
  • Orangtua membawa bukti diri seperti Driver license/passport & bukti surat nikah
  • Fotokopi Driver license/ passport ortu (ASLI & FOTOCOPY)
  • SSN anak (ASLI & FOTOCOPY)
  • Greencard orangtua ((ASLI & FOTOCOPY)
  • Kedua orang tua harus hadir (jika salah satu tidak bisa datang mengisi form DS-3053) 
  • Membayar Biaya yang ditentukan sbb

karena kami berencana untuk pulang ke Indonesia jadi kami membayar biaya tambahan yaitu expedite fee (prosesnya dipercepat) .

Untuk pembayaran biaya passport Amerika terdapat dua pilihan  :

  1.  Jika mendaftar di Acceptance Facility  (contohnya kantor pos) biaya passport harus berupa cek, atau money order. Kemudian menuliskan  nama lengkap , tanggal lahir lalu di kolom Payable to “U.S Departement of State”
  2. JIka mendaftar di Passport Agency (kantor resmi pemerintah)  bisa membayar menggunakan cek, credit cards,money order atau uang tunai (harus pas karena tidak ada duit kembalian)  

Diatas adalah diagram perbedaan antara Acceptance Facility & Passport Agency.

Dikarenakan di kota kami tidak ada passport agency terdekat, sehingga kami memutuskan untuk menggunakan Acceptance facility di kantor pos. Disamping itu Acceptance Facility juga memberikan opsi foto ditempat sehingga sangat membantu jika foto yang kita ambil sebelumya tidak memenuhi syarat.  Hal inilah yang kami alami, yang mana kami mendatangi CVS terdekat untuk mengambil foto Janix. Namun saat mendatangi Acceptance facility, foto tersebut ukurannya tidak pas. Untung saja CVS menerima pengembalian foto tersebut.

Lanjut lagi, setelah semua persyaratan kita lengkapi kami masuk ke website USPS untuk membuat appointment https://www.usps.com/international/passports.htm.  Di website USPS tertera detail acceptance facility terdekat. kita tinggal memasukan kode pos  lalu memilih tanggal  & jam yang tersedia.

Proses pembuatan passport ini sendiri tidak memakan waktu lama hanya sekitar 15 menit, semua form harus di tandatangani di tempat.

Untuk passport nya sendiri akan dikirim ke alamat rumah sekitar 2-3 minggu.  

 

terimakasih sudah membaca 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *