Tahapan Membeli Rumah di Amerika

Saat ini aku dan suami sudah menemukan rumah baru yang ingin kami cicil selama 30 tahun kedepan. Mungkin bagi sebagian orang nyicil sesuatu kurang efektif karena suku bunga yang turun naik, namun di Amerika sendiri saat ini suku bunga mortgage sedang rendah dikarenakan pandemi yang terjadi dan sangat bagus untuk mulai berinvestasi dalam membeli rumah .

Tulisan ini aku buat untuk memberikan informasi bagi teman-teman yang mungkin saat ini mulai merencanakan untuk memiliki rumah sendiri, daripada terus menerus tinggal di apartement dan membayar biaya sewa bulanan namun ujung-ujungnya tidak memiliki asset.

Inilah tahap-tahap yang kami lakukan saat mencari rumah & memulai prosesnya

MULAI PENCARIAN DARI SEKARANG!

Sebelum kami mencari rumah baru, aku dan suami tinggal di Rumah yang ia cicil dari HOA (Home Owner Association). HOA sendiri merupakan organisasi nirlaba yang membantu warga Amerika berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah. Rumah dari HOA ini diberikan atas nama Suamiku dan mamanya, tapi karena waktu itu aku sempat tengkar ama adenya suamiku (oiya mereka tinggal di rumah itu juga sama kami jadi didalam rumah itu ada 7 orang, kebayang kan kayak tenda pengungsian). Akhirnya suamiku memutuskan untuk cari rumah baru, dan melimpahkan tanggung jawab pembayaran rumah ini yang ia bayarkan semenjak tahun 2017, ke mamanya.

Perihal pencarian rumah kami menggunakan website realtor.com , kelebihan website ini mereka lebih update dalam menginformasikan rumah-rumah yang sudah dalam proses pending/closin sehingga kamu gak bakalan kena php, selain itu kamu juga bisa menentukan range harga yang kamu inginkan, lokasi sejauh apa dari tempat tinggalmu sekarang dan bagaimana kondisi kiriminalitas, akses ke tempat umum, ukuran halaman dan banyak pilihan lainnya.

source:pixabay

TENTUKAN BUDGET!

Oiya Nyicil rumah tuh kayak pernikahan, jadi sedari awal kamu dan suami sudah harus buat komitment atau ngukur bibit,bebet,bobot keuanganmu untuk 30 tahun kedepan. Saat ini hanya suamiku yang bekerja, sehingga kami harus membuat anggaran berapa jumlah cicilan yang kami sanggup bayar perbulannya setelah dikurangi biaya-biaya untuk hidup apalagi ditambah nanti kehadiran si bayi, tentu saja pengeluaran akan semakin membengkak. Oiya, setelah hampir setahun tinggal di Amerika, aku baru sadar biaya terbesar perbulan itu pasti di kebutuhan pokok, seperti bahan pangan untuk kebutuhan makan sehari hari. Lain hal untuk air atau listrik biasa rangenya sekitar 100$/bulan yang jika dirupiahkan sekitar 1jt an. Tentu saja hal ini termasuk murah, karena rumah-rumah di Amerika menggunakan AC central artinya AC/Pemanas pasti dinyalain 24 jam setiap harinya.

PRAKUALIFIKASI & PERSETUJUAN AWAL DARI BANK!

Ok, masuk ke langkah ketiga yaitu Prakualifikasi dan persetujuan awal dari Bank setempat. Sebelum pencarian yang lebih intens dan menentukan rumah yang di inginkan, kita harus tau berapa kira-kira nominal hipotek yang bank akan berikan. Sehingga untuk mendapatkan prakualifikasi , kita harus menyediakan informasi keuangan seperti tabungan dan asset kepada petugas bank. Lalu kemudian petugas Bank akan mereview informasi ini dan menentukan berapa nominal yang Bank bisa berikan untuk hipotek mu. Selain itu untuk mendapatkan persetujuan awal, kreditur harus menyiapkan dokumen keuangan seperti Laporan Pajak, Informasi gaji, Laporan keuangan bank dsb,agar Bank dapat memverifikasi status kredit (kalau di Indonesia namanya BI Checking) dan kondisi finansial si kreditur.

GUNAKAN JASA REAL ESTATE AGEN!

Agen Real Estate berperan penting dalam membantu kreditur dalam pencarian rumah, yang mana mereka bisa memberikan informasi berguna seputar rumah yang kamu inginkan yang tidak bisa kamu dapatkan melalui website. Pengetahuan mereka akan proses pembelian rumah, negosiasi harga, dan keadaan sekitar lingkungan rumah baru yang akan kamu tinggali, sangatlah berharga. Terlebih penting kamu tidak perlu membayar untuk jasa mereka, karena mereka mendapatkan kompensasi dari penjual rumah.

LAKUKAN HOMETOUR & BUAT PENAWARAN

Setelah melihat rumah yang kami sukai melalui website Realtor, kami mulai mendatangi beberapa pilihan rumah tesebut. Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Corona, beberapa Agen real estate menyediakan pilihan untuk melakukan video chat tour sehingga kita sebagai calon pembeli bisa melihat secara langsung rumah yang diinginkan. Namun, jika kamu masih belum puas dengan video chat tour, agen real estate juga memberikan pilihan untuk melakukan home touring secara langsung sehingga kita bisa melihat kondisi rumah dan lingkungan sekitar . Setelah menemukan dan merasa cocok dengan rumah yang kami inginkan, agen real estate langsung menghubungi penjual rumah untuk menginformasikan berapa jumlah yang kami tawarkan,setelah sedikit tarik ulur akhirnya si penjual menyetujui harga yang kami ajukan,lalu agen real estate kami untuk mengirimkan cek sebagai “Earnest money” atau kalau di Indonesia bilangnya uang tanda jadi sebesar $1000. Cek ini ditujukan ke perusahaan tempat real estate kami bekerja dan akan mengurangi uang muka yang akan kami bayarkan nantinya. Voila! siap untuk masuk ke langkah berikutnya.

source:pixabay

INSPEKSI RUMAH!

Di Amerika Inspeksi rumah atau disebut Home Inspection merupakan langkah penting yang harus dilakukan pembeli sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Inspeksi rumah merupakan pengamatan visual yang dilakukan oleh petugas ahli untuk menentukan kemanan atau masalah mekanisme utama dari rumah yang tidak sesuai standar kota. Ada 7 hal utama yang biasanya menjadi perhatian petugas antara lain; kerusakan air, Permasalahan pondasi, atap yang rusak, kerusakan sistem listrik, permasalahan pipa air, serangan hama & serangga, lalu HVAC system ( Heating Ventilation Air Conditioning) atau seputar pemanas, saluran udara dan pendingin ruangan. Oiya, untuk inspeksi rumah ini kami membayar $300 untuk jasa petugas (kalau dirupiahkan sekitar 3,5jt uwoooo…lumayan tuh buat makan bakso 5 tahun kedepan) . Jika setelah dilakukan inspeksi dan ditemukan berbagai macam kendala, keputusan dikembalikan kepada pembeli apakah ingin meneruskan proses pembelian atau membatalkan pembelian.

Nah, saat petugas inspeksi melakukan pengecekan di rumah yang ingin kami beli mereka menemukan beberapa hal yang harus diperbaiki , pipa saluran air yang macet, sensor garasi yang tidak berfungsi, dan saluran pipa yang kotor penuh dengan dedaunan. Setelah kami di informasikan hal ini, kami kembali menghubungi pemilik rumah dan meminta mereka untuk melakukan beberapa perbaikan dan mereka menyetujuinya.

source:pixabay

MENAKSIR HARGA RUMAH

Bank akan menunjuk juru taksir untuk menyediakan perkiraan taksiran harga rumah yang akan kita beli . Juru taksir merupakan pihak ketiga, yang mana tidak berkaitan dengan bank, sehingga mereka akan menginformasikan kepada seluruh pihak yang terlibat baik itu bank, penjual serta pembeli berapa harga taksiran dari rumah yang mereka tinjau. Biaya juru taksir profesional sendiri berkisar antara 300-500$,harga tergantung tipe properti dan lokasi rumah. Proses taksiran rumah memakan waktu sekitar 3-10 hari kerja.

Jika juru taksir menilai sebuah rumah, dan harganya lebih rendah dari harga yang ditawarkan penjual. Maka pembeli memiliki opsi untuk menegosiasi ulang harga, atau mengcover kekurangan dari harga yang dikeluarkan oleh juru taksir. Karena bank hanya akan memberi pinjaman sesuai dengan nominal yang di keluarkan juru taksir.

per Juni 23 2020 kami dalam proses penaksiran harga rumah, dan biaya yang kami bayarkan adalah 550$ didebet langsung dari rekening suami. Puji Tuhan nilai taksir dari rumah tersebut tidak kurang dari harga yang penjual berikan, sehingga kami bisa lanjut ke tahapan selanjutnya yaitu Closing.

Closing sendiri, merupakan tahap final yang mana penjual , pembeli serta pengacara akan bertemu untuk menandatangi surat-surat dan pembeli berhak untuk masuk ke rumah tersebut . Proses akhir ini atau disebut closing akan di lakukan di Perusahaan Title /Title Company. Perusahaan Title memainkan peranan penting dalam transaksi real estate di Amerika, yang mana perusahaan ini berperan sebagai agent gabungan dari Perusahaan Asuransi, pembeli, penjual dan pihak pihak lain yang berkaitan dengan transaksi real estate, termasuk bank.

Perusahaan Title meninjau document seperti Polis Asuransi, memfasilitasi closing , dan dokumentasi lainnya. Disamping itu perusahaan ini juga berperan sebagai petugas escrow, yang akan memegang uang muka yang akan kita bayarkan nantinya. Saat ini rencana closing rumah yang kami inginkan akan di laksankan pada Selasa, 14 juli 2020 di Spartanburg South Carolina. (update apa aja yg dittdi saat closing)

Update: Setelah kami melakukan Closing Selasa 14 Juli 2020 yang lalu, kami langsung menempati rumah ini sembari melakukan berbagai Renovasi. Baik itu mengecat dan memasang karpet baru.

So, itu dia tahapan serta update saat kami pindahan dan membeli rumah baru. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang lagi proses mencari rumah ya.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply