Berimigrasi Ke Amerika-Panduan Lengkap Pendatang Baru

Published by Nia on

Berimigrasi Ke Amerika-Panduan Lengkap Pendatang Baru

Memutuskan pindah ke sebuah negara baru bukanlah perkara mudah. Meninggalkan keluarga, pekerjaan dan memulai segala sesuatunya dari awal lagi pasti menjadi momok terberat dalam memutuskan untuk pindah. Tidak hanya itu saja, sesampainya kita di negara yang baru kita harus belajar bahasa, kebiasaan serta beradaptasi dengan regulasi dan lingkungan tempat kita tinggal. 

Aku pindah ke Amerika di tahun 2019 menggunakan K1 Visa. Visa ini dipergunakan bagi mereka yang memiliki tunangan/pasangan yang berdomisili di Amerika. Proses pembuatan K1 visa cukup memakan waktu cek artikel lengkapnya disini Mengurus K1 Visa Amerika

Lalu sesampainya di Amerika apa yang harus kita lakukan?

  1. Mengurus Greencard. Jika kamu masuk ke Amerika menggunakan K1 visa. Bisa cek di artikel ini untuk mengurus Adjustment Status agar mendapatkan Greencard. Cara Membuat Greencard
  2.  Membuka Rekening Bank. Banyak immigrant yang masuk ke Amerika tidak mengetahui bahwa ada beberapa bank di Amerika yang memperbolehkan nasabahnya membuka tabungan hanya menggunakan passpor. Jadi sementara Greencard kalian dalam proses langsung coba datangi bank di kota tempat kalian tinggal dan bertanya secara langsung persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuka rekening. Atau kalian bisa buka Joint account bersama suami, seperti yang kami lakukan. Membuka rekening di Bank Amerika sangat penting bagi pendatang baru, karena membantu untuk membangun independency dan mempermudah akses finansial untuk keperluan sehari-hari. 
  3. Memperoleh Driver License, atau ijin mengemudi. Amerika negara yang sangat besar, dan tidak semua kota/daerah memiliki public transportation. Memiliki Driver License akan sangat membantu mobilitas kita sehari-harinya. Untuk mengetahui cara pembuatan SIM di Amerika, cek artikelnya disini Driver License di Amerika
  4. Memahami Sistem Healthcare di Amerika. Di Amerika layanan kesehatan sangat akan tetapi terdapat provider Asuransi Kesehatan yang dikelola oleh swasta, maupun Asuransi Kesehatan pemerintah yang dinamakan Medicare & Medicaid . 
    • Asuransi Kesehatan Swasta. Biasanya asuransi kesehatan swasta ini kita dapatkan dari tempat kita bekerja atau membayar secara independent. Sebagai contoh suami menggunakan Anthem Blue cross shield yang disediakan dari tempat ia bekerja, lalu aku dan anak masuk dalam coverage yang sama. Namun suami juga harus membayar premium asuransi tersebut tiap bulannya yang dipotong langsung dari gaji. 
    • Medicaid,Asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah Amerika untuk individu maupun rumah tangga yang memiliki penghasilan dibawah rata-rata. 
    • Medicare, adalah asuransi yang juga di biayai oleh pemerintah khusus untuk individu berusia diatas 65 tahun.
  5. Membangun Credit Score/Credit history.  Credit score merupakan 3 digit angka yang mengindikasikan kelayakan individu untuk menerima kredit. Salah  satu cara termudah untuk membangun jejak kredit(credit score) adalah dengan memiliki kartu kredit. Personally, aku menggunakan supplemental kartu kredit dari suami atas namaku. Sehingga secara tidak langsung aku memiliki credit score juga meskipun baru datang di Amerika dan tidak memiliki pekerjaan. 
  6. Mengenal regulasi yang berlaku. Di Amerika terdapat Federal & State law. Perbedaannya Federal law berlaku untuk setiap individu yang berdomisili di Amerika Serikat. Sedangkan State law, hanya berlaku bagi individu yang berdiam di state tersebut. 
  7. Mengenal lingkungan tempat tinggal. Salah satu benefit memperoleh driver license adalah kita memiliki mobilitas yang tak terbatas. Sehingga bisa mengexplorasi daerah dimana kita tinggal. Pastikan kamu tau dimana letak kantor-kantor penting. Seperti rumah sakit, kantor pos ataupun kantor polisi. 
  8. Carilah teman sesama orang Indonesia! Media sosial seperti facebook merupakan sarana paling efektif untuk menemukan sesama orang Indonesia di sekitar kita. Pertama kali aku sampe di Amerika aku bergabung dengan facebook group bernama “Komunitas perkawinan Indonesians-Americans”. Di grup inilah aku bertemu beberapa orang Indonesia yang hingga saat ini menjadi sahabat. Berbagi tanaman, makanan , termasuk sharing informasi seputar paperwork ataupun hal-hal penting yang perlu kita ketahui seputar kehidupan di Amerika.

Kesimpulannya, pindah ke negara yang baru tidaklah mudah. Butuh proses yang panjang dan melelahkan untuk sampe di titik dimana kita merasa negara ini adalah rumah ternyaman untuk memulai kembali kehidupan yang selalu kita mimpikan. 

Terimakasih sudah membaca

Please follow and like us:

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *