Driver License di Amerika

Hai Semuanya , kali ini aku ingin berbagi pengalaman mendapatkan SIM atau Driver License di Amerika. Sama Seperti di Indonesia di sini ada berbagai macam kategori SIM, dan yang akan aku bahas adalah Driver License untuk kendaraan roda 4 yang  disebut Class D single Vehicles  with GVWR (gross  vehichle weight rating) of 26000 lbs or less. 

Tempat untuk membuat SIM di Amerika di sebut DMV (departement of Motor Vehicles), Di DMV kamu bisa membuat state ID (kayak KTP gitu) serta meregister kendaraanmu. Nah yang perlu kalian ingat sebelum ke DMV untuk mendapatkan SIM adalah, cek dahulu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan SIM bagi Permanent resident. Dikarenakan saat ini aku tinggal di Amerika menggunakan Greencard/PR karenanya aku harus ke kantor DMV khusus. 

Untuk kawan-kawan yang berada di Spartanburg South carolina , hanya SCDMV yang beralamat di 1625 Southport Rd, Spartanburg  SC 29306 yang melayani warga international.

Disamping itu untuk warga International /Pemegang PR ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebagai berikut.

  • Jika PR(permanent Resident) tidak memiliki SIM A dari negara asal harus mengajukan Beginer permit terlebih dahulu.
  • Beginner Permit Merupakan ijin untuk mengendarai kendaraan dengan syarat , saat mengemudi PR harus ditemani oleh orang yang sudah memiliki Driver license. Selain itu untuk mengajukan DL setidaknya harus memiliki Beginner permit selama 6 bulan. 

Namun karena aku sudah memiliki SIM A dari Indonesia, petugas menyarankan untuk menerjemahkan SIM tersebut. Oiya meskipun SIM ku sudah expired dari tahun 2018, ternyata masih bisa digunakan sebagai syarat pendukung untuk mendapatkan Driver license. Sehingga aku tidak perlu mengajukan beginner permit dan menunggu 6 bulan. Lebih lanjut, petugas memberikan form khusus yang harus di cap dan ditandatangani oleh penerjemah. 

Aku membayar sekitar 80$ untuk jasa penerjemah , termasuk ongkos kirim nya karena harus hardcopy/ di cap dan tandatangan basah oleh penerjemah

Setelah SIM A Indonesia ku diterjemahkan, aku kembali ke DMV Southport Spartanburg untuk mengikuti Written test & Road test.

Syarat-syarat yang aku bawa adalah sbb :

  1. Passport
  2. Greencard
  3. State ID
  4. Proof of Addres (berupa surat yang ada nama dan alamatku) tidak boleh lewat dari 90 hari surat tersebut diterima
  5. Akta Lahir & terjemahannya
  6.  Membayar $2 untuk form aplikasi.
Setelah petugas pertama mengecek seluruh persyaratan yang aku bawa, kemudian aku diarahkan untuk menghadap mesin untuk vison screening yang melekat di meja petugas tersebut. 
 
mesin nya seperti ini

untuk Vision screening/test mata tertera deretan angka yang harus kita lafalkan dengan benar, jika semua benar langkah selanjutnya adalah mengikuti test tertulis di ruangan khusus. Didalam ruangan ini terdapat beberapa komputer yang terpisah oleh sekat, jadi tidak hanya aku saja yang waktu itu menjalani test tulis. 

Didalam tes tulis terdapat 30 soal pilihan ganda dengan passing score 80%, artinya kita harus menjawab setidak nya 24 soal dengan benar. 

Aku berhasil menjawab 27 pertanyaan dengan benar, setelahnya aku kembali ke petugas loket satu  untuk test selanjutnya yaitu Road test. Sayangnya hari itu hanya ada 1 petugas yang bertugas, sehingga beliau menginfokan untuk datang kembali keesokan harinya. 

Besoknya aku datang kembali , setelah dilakukan pengecekan identitas dan seorang petugas meminta car register (kayak STNK gitu di Indonesia). Ia menyuruh aku untuk menunggu di ruang tunggu untuk dipanggil oleh examiner.

Examiner ini kemudian menyuruh aku untuk duduk di kursi supir, menyalakan lampu sen, lampu depan dan lampu panjang, kemudian menekan klakson serta lampu rem. Setelah aku mengikuti semua instruksi examiner, ia kemudian duduk disebelah ku dikursi penumpang, ia menjelaskan beberapa hal, jika tidak ada pertanyaan kemudian kami langsung menuju ke jalan raya.

Di Amerika setir kemudi berada di kiri, dan kita menyetir di lajur kanan. Saat menyetir ia mengarahkanku ke jalur besar dan kami berkendara sekitar 20 menit.  Singkat cerita, pada road test pertama aku gagal.

Kami kemudian kembali ke Parkiran DMV, disitu bayi dan suamiku sudah menunggu. Examiner menjelaskan kesalahan yang aku lakukan, mundur tidak lurus dan salah ambil jalur.  Ia menginfokan kepada suamiku agar aku sering sering latihan dan datang lagi seminggu setelahnya. 

Selang dua minggu, aku kembali ke DMV untuk melakukan road test kedua, kali ini semua lebih lancar. 
Aku melakukan belok kanan, kiri, 3 point turn, dan parkir paralel. Tanpa basa basi, examiner langsung menyatakan bahwa aku lulus. Rasanya lega banget, karena selama ini aku sangat bergantung sama suami untuk kemana-mana. Sekarang sudah punya Driver license, bisa deh melipir kesana kemari. 

Aku kembali kedalam ruangan DMV dan menuju loket yang ada di ujung untuk pemeriksaan data data ulang. Di petugas ini aku harus menyerahkan dua item proof of address lagi. Untungnya aq sempat membawa dokumen dokumen ini. Setelah semua dokumen selesai di periksa, aku membayar 25$ dan difoto di tempat. 

DRiver license langsung aku terima di tempat.

Oiya di Driver license ku terdapat icon Bintang artinya, jika travelling diseputar Amerika aku tidak memerlukan passport lagi untuk identitas diri. Cukup menunjukan DL dan aku legal untuk berpergian. 

Rasanya bahagia banget, usahaku  untuk belajar soal soal  dan hampir tiap hari latihan mengemudi sambil bawa bayik, terbayar kontan!!!

Akhirnya aku memiliki Driver License.

Semoga teman teman yang saat ini sedangan berusaha mendapatkan SIM berhasil ya.

Gud luck dan jika kalian mau tanya2 boleh drop di kolom komen yak.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply