Mengurus K1 VISA Amerika

Setelah, berhubungan kurang dari setahun, saya dan pacar (sekarang udh Suami) memutuskan untuk mengurus K1 Visa (Visa tunangan) ditahun 2018.

Visa ini bertujuan , agar saya bisa ke US dan menikah di US.

Mengapa tidak menikah di Indonesia? karena setelah melihat persyaratan yang harus dipenuhi, serta tidak memungkinkan Daniel untuk datang & stay berlama lama di Indonesia, K1 visa adalah pilihan terbaik bagi saya .

Proses Pengurusan visa K-1 agak-agak njelimet. Itulah salah satu alasan kami menggunakan Agen agar bisa dipandu proses administrasinya.

Disni saya cantumkan alur pengajuan Visa Tunangan/K1 Visa yang saya screenshot dari https://travel.state.gov/content/travel.html . Namun tetap saya beri penjelasan langkah-langkah pengurusan K1 Visa Amerika.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Hal yang Pertama kali harus dilakukan adalah, Submit petisi ke USCIS . Karena kami menggunakan Agen Rapidvisa Linknya: https://gr3f.co/c/14726/p5YpX , Form nya sudah disediakan di website mereka, jadi kita tinggal mengisi kolom-kolom yang tertera di website. Jika kamu kebingungan untuk mengisi form tersebut, Terdapat fitur “Chat” agen yang dapat kita pergunakan untuk bertanya . Btw Suami saya submit petisi di tanggal 10/12/2018 .
  2. Kemudian kami menerima Email dari NVC(National Visa Center) ditanggal 30/4/2019. Yang menjelaskan USCIS Sudah menerima petisi suami,yang selanjutnya Petisi tersebut diteruskan NVC ke US Embassy yang ada di Jakarta.
Email dari NVC

3.Lalu di tanggal 12 May 2019 ,suami saya menerima email dari US embassy di Jakarta, yang berisi informasi serta langkah-langkah serta Document yang harus saya persiapkan untuk Interview K1 Visa, di US Embassy Jakarta.

4. Ketika kalian menerima Email Seperti ini, Bisa langsung Klik point no.2 yang mana kalian akan langsung diarahkan ke website https://ceac.state.gov/GenNIV/Default.aspx , untuk mengisi data-data di Form DS-160.

5. Karena Saya Belum menikah sebelumnya,persyaratan yang harus saya lengkapi cukup simple , yaitu sbb:

  • Mengisi Form DS-160 (untuk form ini bisa di save as draft, jadi isinya pelan-pelan saja dan pastikan semua kolom sudah sesuai dan terisi dengan benar)
  • Pasport (minimal 8 Bulan sebelum expired)
  • Akta Lahir & Terjemahan nya ( Saya pake Jasa Translator Nancy G Saija, Bayarnya Cash Rp.150,000 dapat 2 lembar. Cukup email scan Akta kelahiran anda ke 127ele@gmail.com & Telp (021)27932405 Jadi sekitar 3 hari)
  • Surat keterangan kepolisian diperlukan dengan kondisi tertentu. Jelasnya bisa klik disni https://travel.state.gov/content/travel/en/us-visas/immigrate/the-immigrant-visa-process/collect-and-submit-forms-and-documents-to-the-nvc/step-5-collect-supporting-documents.html#docfinder
  • Affidafit of Support Form I-134 (bisa minta ke Agen Rapid Visa, yg mana udh kita lengkapi sebelumnya di Website mereka) Plus Document Penunjang Seperti :Transcript Pajak Terbaru dan W-2, Rekening Koran Bank, Surat keterangan Kerja. Document penunjang ini adalah punya calon suami kita WN US.
Form I-134
  • Dua Lembar Pas photo passport,
  • Medical Examination (Untuk yang berdomisili di Jakarta RS yang ditunjuk yaitu ; Premier Bintaro Hospital Jl.M.H Thamrin No.1 Sektor 7 Bintaro Jaya-Banten 15224 Telp. 021-27625500) Bisa langsung tlp untuk set \appoinment untuk MCU dan jangan Lupa informasikan Keperluan MCU nya untuk Visa K1. Admin RS akan menginfokan persyaratan apa saja yang harus dibawa. (btw ga perlu puasa ya)
  • Bukti-bukti hubungan, semisal foto-foto, Bukti Chat, Screen shot Video Call, email apapun itu yang membuktikan bahwa kalian benar-benar menjalin hubungan.
  • Bukti Pembayaran K-1 Visa yaitu USD 265 yang dibayarkan di Bank CIMBNIAGA. Untuk rekening pembayaran nya bisa klik disini http://ustraveldocs.com/id/id-niv-paymentinfo.asp
Contoh Bukti SLip pembayaran Visa K-1
  • Setelah semua document comply, termasuk kalian sudah menjalani MCU di RS yang di tunjuk. Kalian Harus email ke JakIV@state.gov, untuk request schedule interview. Disini saya lampirkan email yang saya terima dari mereka untuk jadwal interview.
Email Konfirmasi Jadwal Interview

Selanjutnya mengenai Interview K1 Visa akan saya jelaskan di Post berikutnya…..

(please leave comment or contact me, jika butuh bantuan perihal K1 Visa)

Please follow and like us:

8 Replies to “Mengurus K1 VISA Amerika”

  1. Permisi kak ada sosial media nya tidak? Bolehkah saya tanya2 seputar K1 visa karena saya juga ingin menggunakan agen rapid visa seperti kaka. Terimakasih

  2. That was not too long thanks for sharing your experience Nia, currently it takes a little bit longer for sure will have to test both relationship specially with the current pandemic happening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *