Pertanyaan seputar K1 Visa & Kedatangan di Amerika

Beberapa minggu terakhir saya menerima beberapa pertanyaan dari beberapa teman-teman di Instagram seputar K1 visa. Sedikit menjelaskan kembali mengenai K1 visa, visa ini digunakan untuk masuk ke Amerika lalu setelahnya anda harus melangsungkan pernikahan secara sipil atau legal dalam waktu 90 hari. Jika anda & si bule tidak menikah dalam 90 hari, anda harus pulang kembali ke Negara asal.

so , berikut beberapa pertanyaan yang saya terima dari teman-teman di Instagram seputar pengurusan K1 visa.

  • Bagaimana cara pengurusan K1 visa? untuk langkah-langkah pengurusannya bisa di cek di postingan ini https://bulewife.com/2019/09/13/mengurus-k1-visa-amerika-tahun-2019/
  • Berapa lama proses K1 visa hingga kita terima? untuk case saya sendiri memakan waktu sekitar 7 bulan, mulai dari pengajuan petisi di Desember 2018, hingga Visa saya terima di Juni 2019.
  • Jika sudah menikah sebelumnya & bercerai apakah bisa menggunakan K1 visa? BISA. tinggal menyertakan surat cerai,serta dokumen pendukung lainnya dan tidak menikahi si Bule secara sipil/hukum saat di Indonesia.
  • Apa perbedaan Visa K1 & CR1? secara singkatnya CR1 digunakan untuk masuk ke amerika sebagai SPOUSE (status sudah menikah di negara asal) , sedangkan K1 dipergunakan untuk masuk ke Amerika dalam kondisi masih bertunangan atau belum menikah secara sah.
  • Apakah K1 Visa yang kita ajukan bisa di tolak oleh US Embassy? bisa ditolak apabila petitioner (sibulemu) tidak memenuhi persyaratan yang diberikan oleh USCIS.
  • Jika pernah mengajukan turis Visa (B1), apakah kita bisa mengajukan K1 Visa? Bisa! saya pernah mengajukan turis visa di tahun 2017, kemudian di tolak. Lalu mengajukan K1 visa di tahun 2018 dan diterima.
  • Apabila saya bertemu secara Online , lalu berpacaran secara online namun belum pernah bertemu secara langsung, Apakah bisa mengajukan K1 visa? Kemungkinan besar akan ditolak, karena salah satu persyaratan yang harus kita bawa saat wawancara di Kedutaan Amerika adalah bukti-bukti hubungan tersebut nyata. Bukan sekedar chattingan/video call online tanpa pernah bertemu secara fisik.
  • Bagaimana cara membuktikan bahwa hubungan yang saya dan si Bule jalani benar-benar serius & kami akan menikah saat saya datang ke Amerika? cara paling mudah adalah menunjukan foto-foto saat bersama, lalu tunjukan itenary & bookingan hotel tempat si bule menginap saat ia mengunjungimu. Jika ada struk saat makan bersama di restauran juga bisa ditunjukan. Kemudian bukti-bukti berupa chat, email, history video call juga bisa dilampirkan sebagai data penunjang.
  • Seberapa besar persentase K1 Visa kita akan diterima? berdasarkan data USCIS di tahun 2016, 90% pengajuan K1 visa diterima. Lalu di tahun 2017 menurun menjadi 66% persen,
  • Apakah perlu menggunakan Jasa pengacara/agent untuk mengurus K1 Visa? kembali lagi ke anda & pasangan , karena untuk menggunakan pengacara/agent ada jasa yang harus anda bayar. Sehingga harus merogoh kocek lebih dalam, namun keuntungannya jika ini kali pertama anda mengurus Visa, lawyer/agent tersebut akan memandu dan membantu pengurusan K1 Visa anda hingga selesai.
  • Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus K1 Visa? Immigrant petition for relative/ USCIS fee $535.00, K1 Visa fee $265, MCU tergantung RS yang kerjasama . saya membayar total 3,9jt untuk pemeriksaan serta vaksin. (detail MCU terlampir di bawah)
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk MCU? saya menjalani MCU di RS Premier Bintaro, untuk proses nya hanya memakan waktu sekitar 3 jam. Namun sebelumnya harus menelpon RS dan membuat appointment untuk MCU, persyaratan yang harus dibawa hanya passport beserta pasphoto.
  • Salah satu persyaratan untuk interview K1 adalah terjemahan AKTA LAHIR. Apabila akta lahir sudah dwibahasa apakah perlu diterjemahkan kembali, lalu perlukah di legalisir di kemenhukam? Berdasarkan pengalaman saya secara pribadi karena akta lahir saya di terbitkan tahun 90 an, sehingga belum dwibahasa sehingga saya harus menerjemahkan nya menggunakan penerjemah tersumpah yang ada di daftar berikut. Disamping itu apabila akta lahir sudah dwibahasa, tetap harus diterjemahkan. Kemudian akta lahir tidak perlu perlu di legalisir di kemenhukam. (terlampir list penerjemah tersumpah untuk di Indonesia)
  • salah satu persyaratan dari petisi adalah letter of employment, apa yang dimaksud dengan document tersebut? letter of employment merupakan surat keterangan kerja yang menerangkan bahwa bule/pasangan kita benar bekerja di perusahaan tersebut. Surat keterangan ini bisa diminta ke HRD perusahaan tempat calon kita bekerja.
contoh Letter of Employment
  • Apakah perlu membawa KK, Ijazah & KTP saat masuk ke Amerika? hal terpenting yang harus dibawa saat ke Amerika adalah Passport yang masih berlaku, Akta lahir berserta terjemahan. Untuk KTP, KK & Ijazah tidak diperlukan karena untuk bekerja kita harus memiliki work permit (ijin Kerja). Kasarnya ijazah kita tidak ada nilainya di Amerika.
  • Salah satu persyaratan untuk interview di Kedutaan Amerika adalah police certificate, bagaimana cara membuatnya? Hal yang harus kita pahami adalah, police certificate ini dibutuhkan jika kita pernah tinggal lebih dari 6 bulan di luar Indonesia. Semisal anda hanya liburan/tinggal kurang dari 6 bulan tidak perlu membuat police certificate.
  • Apakah perlu membawa fotokopi passport , ID & Birth certificate bule kita? Tidak perlu, karena yang diminta sesuai persyaratan yang mereka kirimkan melalui email.
  • Kapan sebaiknya Bule kita kirim Affidavit of Support (berisi tax, slip gaji dll) ? setelah mendapat email dari kedutaan seperti terlampir dibawah ini, baru bule kita mengirimkan Affidavit of support.
  • Berapa minimum penghasilan yang harus dimiliki Bule kita agar memenuhi standar Penghasilan di persyaratan K1 visa? terlampir untuk 48 state di Amerika ,

sedangkan untuk Alaska & Hawaii memiliki standar yang berbeda sbb :

Standar Min Penghasilan untuk State Alaska
Standar min penghasilan untuk state Hawaii

soo, untuk saat ini itu dulu ya temen-temen, jika ada yang bertanya lagi di Instagram akan aku kompile disini.

terimakasih banyak sudah membaca,dan pantengin postingan lainnya yak…

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *