AIRPLANE TRIP WITH BABIES

Hai semuanya kali ini aku pengen berbagi pengalaman perjalanan liburan kami seminggu lalu ke Philadelphia & New York. Janix baru saja genap berusia 9 bulan, dan jujur saja  perjalanan liburan ini sangat melelahkan, dikarenakan di usia 9 Bulan Janix sangat aktif, doi gak bisa duduk tenang di stroller nya, bahkan saat didalam pesawat Janix aktif sekali dan ingin mengexplor hal hal didalam pesawat. Namun pada akhirnya dia kecapean sendirillalu tertidur dan bangun sekitar 20 menit sebelum pesawat mendarat.

So, buat para bunda yang ingin berpergian dengan bayi dibawah 1 tahun menggunakan pesawat aku ingin berbagi tips sebagai berikut;

  1. Booking kursi paling depan dan dekat jendela. Kursi paling memiliki ruang untuk kaki lebih leluasa dan memudahkan untuk bergerak lebih leluasa selain itu Nak bayi suka melihat hal-hal dari jendela, sehingga bayi bisa sibuk melihat pemandangan dan tidak rewel.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman untuk bayi, usahakan untuk tidak overdress si bayik,meskipun terkadang suhu dipesawat dingin akan tetapi overdress malah akan membuat bayi tidak nyaman dan jadi rewel, disamping itu mempersulit saat harus mengganti popok mereka. Karena itu saat kami berpergian aku hanya memakaikan piyama ke Janix. Karena Piyama tersebut sudah termasuk kaus kaki, hangat dan memiliki double zipper sehingga memudahkan saat mengganti popok. 
  3. Tidak perlu membawa Mainan . Nak bayi mudah terkesima dengan hal-hal disekitar mereka ,jadinya tidak perlu nambah-nambah beban dikoper dengan membawa mainan. 
  4. Bawa Pacifier/empeng. Sewaktu pesawat hendak take off Janix tidak mau meyusu ataupun minum dari botol tapi doi ngempeng hal ini juga membantu untuk melindungi telinga bayi saat pesawat take off/land.
  5. Bawa Cemilan! saat menunggu pesawat boarding, Janix sibuk mengunyah dan hal ini sangat membantu dalam mengalihkan perhatiannya dari kebosanan.
  6. Gunakan popok baru! Usahakan sebelum boarding nak bayi menggunakan popok baru. Janix sangat mudah rewel jika popoknya basah, jadinya sebelum naik pesawat kami memastikan popok yang ia gunakan baru dan bersih.
  7. MInta bantuan!!! Jangan sungkan untuk meminta bantuan crew pesawat. Di perjalanan dari Charlotte-philadelphia terjadi accident , Janix terjatuh dari kursi, ini karena kami sibuk memasukan barang-barang ke cabin pesawat, disamping itu entah mengapa crew pesawat tidak menawarkan bantuan untuk check in stroller Janix sebelum masuk ke pesawat. Untungnya saat perjalanan balik dari PA-Charlotte crew pesawat nya lebih ramah dan membantu. Kami boleh boarding terlebih dahulu dan stroller janix di check in oleh mereka. 
  8. Tetap tenang dan enjoy the trip. Nak bayi itu ternyata punya sixth sense mereka bisa merasakan ketika si mamak atau bapaknya stress sehingga mereka juga bereaksi. Saat kembali dari PA-Charlotte aku belajar untuk tenang, meskipun cape luar biasa karena Janix tidak mau duduk pengennya berdiri dan pegang semua hal hal di pesawat, untungnya dia cape sendiri dan tertidur.

Perjalanan pertama kali dengan Janix menggunakan pesawat bakalan jadi pengalaman yang tak terlupakan, namun akhirnya mamak jadi belajar gimana cara menangani nak Bayi saat berpergian dengan pesawat.

Semoga info ini bisa membantu para mamak yang sudah rindu pengen liburan tipis tipis dan membawa nak bayi.

Terimakasih sudah membaca

Please follow and like us:

Leave a Reply