JUAL RUMAH DI AMERIKA

Langkah Awal

Hai semuanya, kali ini aku pengen berbagi informasi bagaimana menjual rumah di amerika.

Kami awalnya tinggal di Asheville North carolina, rumah ini ditempati suamiku dan ibunya serta saudari dan kedua ponakannya dari tahun 2017. Rumah ini didapatkan dari Habitat for humanity,yang mana merupakan sebuah organisasi nirlaba yang membantu masyarakat kurang mampu untuk memiliki rumah tanpa uang muka dan cicilan bulanan yang terjangkau.

Organisasi ini membangun rumah rumah di daerah yang membutuhkan, setelah rumah selesai dibangun daniel dan mamanya, menandatangani perjanjian atau sales contract yang memuat detail serah terima rumah ini.

Daniel & Mamanya bisa mendapatkan rumah ini karena penghasilan mereka jika digabungkan memenuhi kriteria kepemilikan rumah dari habitat. Selain itu aturan yang paling penting terkait rumah dari Habitat  adalah, rumah ini tidak bisa dipindahtangankan atau dijual, dan dikarenakan atas nama suami dan mamanya sehingga saat aku dan suami memutuskan untuk mencari rumah sendiri,mamanya harus tetap tinggal di rumah tersebut sampai cicilannya lunas.Akan tetapi tetap atas nama mereka berdua. Habitat for Humanity ini ada di semua state di Amerika termasuk canada, jika kalian berminat untuk mendaftar perihal rumah dari Habitat bisa langsung masuk ke website mereka untuk melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan. 

Waktu berselang aku dan daniel memutuskan untuk mencari rumah sendiri, jadi kami pindah ke Spartanburg SC hanya 1 jam dari Asheville NC. Akan tetapi kondisi mamanya Daniel memburuk sehingga beliau di panggil Tuhan di April 2021. 

Kami tidak bisa pindah kembali ke rumah Asheville sehingga daniel menghubungi pihak habitat dan menanyakan alternatif apa yang harus dilakukan atas rumah tersebut. Habitat setuju untuk membeli kembali rumah ini di Fair market value (harga pasaran) bukan harga awal saat rumah diserah terima. Artinya, mereka menggunakan independent appraisal untuk menaksir harga rumah ini.  Lanjut lagi, setelah apprasial menginformasikan nominal FMV kepada suami, dan kami menyetujui nominalnya.Langkah selanjutnya adalah memfinalisasi Estate Plan.

Estate Plan merupakan dokumen legal yang menjelaskan status rumah jika sesuatu terjadi, termasuk didalamnya menunjuk executor jika diharuskan mengambil keputusan medis. Saat rumah Asheville di serah terima, daniel dan mama nya masing-masing memiliki estate plan.

Sederhananya, seperti surat wasiat atas asset seperti rumah. Dan kembali lagi, karena rumah ini atas nama berdua, sehingga daniel memiliki persentase kepemilikan 50% dan mamanya 50%. Lalu saat beliau meninggal, jatah 50% ini dipindahkan ke daniel sesuai dengan rincian yang tertera di estate plan.Setelah kepemilikan 100% atas nama daniel, pengacara membantu untuk mengisi paperwork untuk menyelesaikan legalitas rumah dan utang piutang. 

letter of testamentary

Letter of Testamentary

 

Sekitar 6 minggu setelah daniel mengurus surat-surat untuk finalisasi legalitas agar rumah ini bisa dijual. Pengadilan memberikan Letter of Testamentary kepada daniel.
LOA adalah dokumen yang digunakan oleh executor (daniel)untuk mengambil keputusan financial terkait surat wasiat dari mendiang ibunya, termasuk membayar hutang-hutang dan pajak (jika ada).

Biaya yang bayarkan kepada “buncombe county clerk of court-estate division ” Asheville NC adalah sebesar 120$ (pembuatan LOA).
Langkah berikutnya adalah,membawa LOA ini ke Bank dan membuat rekening baru agar dana yang masih tersisa di rekening mamanya bisa dipindahkan lalu digunakan untuk membayar utang-utang.
Daniel juga, membayar jasa iklan di koran sebesar $60 untuk menerbitkan “Creditor Notice”.

Creditor Notice

Creditor notice merupakan informasi yang dipajang di surat kabar setempat, perihal kabar dukacita mama daniel,  jikalau ada piutang yang belum terselesaikan bisa menghubungi melalui surat menyurat ke PO BOX yang tertera beserta buktinya.

Jika dalam 90 hari tidak ada debitur yang menghubungi maka mendiang mamanya terbebas dari semua kewajiban finansial .

Kemudian setelah Creditor notice terbit Daniel menghubungi pihak habitat untuk menginformasikan bahwa kita siap menjual rumah tersebut. Habitat lalu menginformasikan bahwa team keuangan akan segera membuat draft sales kontrak (sama seperti saat kita membeli rumah).

Sales contract merupakan persetujuan antara penjual dan pembelian perihal nominal dan ketentuan lainnya atas transaksi jual-beli rumah. Begitu sales kontrak ini final, daniel akan menandatangani nya lalu Habitat akan mentransfer sejumlah ke rekening Daniel. Karena rumah ini dicicil, sehingga ada outstanding yang harus dibayarkan juga ke bank.

Contohnya di awal tahun 2017 rumah ini di beli Daniel seharga 150$ dengan metode cicilan tanpa uang muka, yang mana Daniel sudah membayar cicilan selama 5 tahun ditotal 50$, lalu market value rumah Asheville sekarang ada 200$ sehingga, keuntungan 100$ didapati Daniel, dan Habitat membayar 100$ sisanya ke Bank.
Di Asheville sendiri harga pasaran rumah 4 kamar tidur dengan luas 1,500Sq sangatlah bagus, kita juga tidak berniat mempertahankan rumah tersebut karena sulit untuk mencicil dua rumah di waktu yang bersamaan, jadi keputusan terbaik adalah menjual rumah tersebut.

Menjual rumah di Amerika memang agak ribet, apalagi disini tidak bisa pake jalan pintas dan cincai dengan petugas, Sehingga semua prosedur harus dijalani satu persatu dan memakan waktu cukup lama.
Sekitar 6 bulan waktu yang kami habiskan untuk membersihkan serta mempersiapkan rumah ini untuk dijual, selain itu karena sebentar lagi akan masuk musim dingin biasanya harga pasaran rumah akan turun. Karena itu waktu paling bagus untuk menjual rumah adalah di musim semi atau di musim panas, karena orang-orang lebih mudah untuk melakukan tour dan improvement rumah sebelum ditempati.

Demikianlah informasi seputar bagaimana menjual rumah di Amerika, terkait prosedur dan legalitas yang harus ditempuh

Update 12 oktober 2021

Terkait dengan dokument legal perihal jual beli rumah di Asheville hari senin 11 Oktober 2021, Daniel akhirnya menerima email dari pihak habitat berupa lampiran “sales contract” yang harus ia tandatangani dan serahkan kembali ke pihak habitat.  Good news nya adalah, tidak ada biaya yang kami keluarkan sama sekali sedangkan bad news nya butuh waktu 1 bulan untuk proses disbursment/pencairan dana .

 

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana cara menjual rumah di Amerika dan apa saja yang diperlukan untuk proses jual rumah tsb. 

Terimakasih sudah membaca

Please follow and like us:

Leave a Reply