Sekolah Persetaraan di Amerika

Setelah sekian lama vakum nulis kali ini aku ingin berbagi info seputar sekolah Persetaraan SMA yang baru saja aku jalani.  Selain sibuk mengurus Janix yang lagi aktif-aktif nya aku juga disibukan dengan belajar untuk ujian GED.

Baiklah, sebelum lebih jauh membahas mengenai sekolah persetaraan ini aku ingin mengutarakan alasan aku menjalaninya.  Awalnya karena aku tidak ada kegiatan, kedua aku ingin melanjutkan sekolah lagi. Nah, pasti pada bertanya-tanya kan di Indonesia sudah sekolah SMA ampe lulus, trus udah kuliah S1 4 tahun kenapa gak transfer transkrip aja si? Well, karena  tidak semua universitas di Amerika menerima transkip nilai dari kampus di Indonesia. Disamping itu, aku juga tidak merasa terbeban untuk memulai semua dari awal lagi.

So langsung aja ya kita bahas GED ini.

APA ITU GED?

GED merupakan singkatan dari  General Educational Development Test. Di Amerika setelah lulus SMA para siswa mendapatkan  Diploma atau kalau di Indonesia disebut juga Ijazah, yang menyatakan siswa tersebut sudah mengikuti ujian dan lulus. Nah di Amerika, jika siswa tersebut tidak menyelesaikan tahun ajaran di SMA mereka bisa mengikuti GED agar mendapatkan diploma.  Biasanya para imigran menjalani GED guna mendapatkan pekerjaan ataupun melanjutkan sekolah di Amerika. Namun jika kamu berkeberatan mengikuti GED dan langsung ingin mendaftarkan kuliah, bisa langsung bertanya di tempat kuliah yang kamu tuju apakah bisa langsung menggunakan transkip nilai dari Indonesia dan diterjemahkan

 

MATA PELAJARAN GED

Dalam GED ada 4 Subject utama yang di ujikan yaitu;

  • Mathematical Reasoning
  • Reasoning Through Language Arts
  • Science
  • Social Studies

 

Untuk mengikuti tes GED ini kita bisa mendaftarkan diri di Adult Learning atau Adult Education yang berada di state kita tinggal. Oiya, awal mulanya aku mengikuti GED ini aq pergi ke SPARTANBURG COUNTY ADULT EDUCATION  yang beralamat 1475 Skyln Drive Spartanburg 29307. Namun sayang sekali, fasilitas ini tidak menunjang kondisiku sebagai mamak-mamak beranak satu. Hal ini dikarenakan kita harus mengikuti kelas senin-kamis dari jam 8:30-12:30. Lalu kelas ini harus diikuti selama 6 bulan kedepan, sedangkan aku berusaha untuk menyelesaikan GED ini as soon as possible. Namun, kebijakan adult education di tiap state berbeda ya geys, karena sesuai informasi dari temanku yang ada di kota lain. Adult Education mereka juga menyediakan penitipan anak, sehingga saat mengikuti kelas bisa membawa anak juga.

Lanjut lagi, karena tidak bisa memfasilitasi kondisi ku, sehingga aku mencari tempat lain untuk mengikuti GED. Dan menemukan ADULT LEARNING CENTER yang beralamat 145 N Church St #300 29306 yang menyediakan kelas online, selain itu mereka juga tidak menetapkan durasi pembelajaran yang harus kita ikuti sehingga kita menentukan sendiri kesiapan kita untuk mengikuti ujian. 

PENDAFTARAN MASUK

Sebelum mengikuti kelas online untuk persiapan GED aku mendaftarkan diri dengan mengisi form & membayar biaya pendaftaran sebesar $20, staff admin disini juga meminta identitas diriku dan mengisi form kuesioner yang mereka siapkan. Setelahnya aku mengikuti placement test untuk menentukan pengetahuan umumku. Test ini mencakup subject bahasa, Science, Social studies dan matematika. Tes ini aku jalani selama kurang lebih dua jam, kemudian staff ini memberikan aku akun yang berisi alamat email & password serta situs belajar untuk persiapan GED bernama https://app.essentialed.com/ . 

Aplikasi ini berisi pembelajaran seputar persiapan GED mulai dari Language arts, science, social studies & math. Setiap kali kita log in dan belajar, waktu kita akan tersimpan sehingga bisa terlihat di ringkasan berapa lama waktu yang kita habiskan untuk belajar dalam sehari. 

berikut ringkasan 4 mata pelajaran utama yang di ujikan didalam GED dan seperti apa mata pelajaran tersebut. 

Reasoning Through Language Arts

merupakan test yang menguji kemampuan kita dalam memahami bacaan dan menulis dengan benar. Didalam tes ini kita akan membaca berbagai literatur dan kutipan , serta menarik kesimpulan dari bacaan tersebut. Selain itu kita juga menunjukan kemampuan kita dalam menganalisa bacaan dan menentukan argumen mana yang lebih meyakinkan dan menyertakan bukti yang mendukung argumen tsb. Terdapat 53 Pertanyaan yang harus dikerjakan dalam 150 menit, dan terdiri dari  kategori utama yaitu Grammar, Reading & writing.

Social Studies

merupakan test yang di rancang untuk menguji pengetahuan kita seputar Sejarah, Pemerintahan, Ekonomi & Geografi di Amerika.  terdiri dari 35 pertanyaan yang harus dikerjakan dalam waktu 70 menit. 

Science

berisi 34 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Soal ujian science mencakup pengetahuan seputar bidang pengetahuan sains semisal grafik, diagram, peta maupun bidang sains terkait. 

Matematika

sedikit cerita mengenai test ini, karena mapel ini merupakan kelemahanku jadi aku sempat mengulur-ulur waktu untuk ambil ujian ini. Bahkan aku butuh waktu untuk belajar lebih dari dua bulan, selain itu aku juga sempat ditolak ikut ujian karena tanggal lahir ku tidak sesuai dengan data yang ada di SIM ku, sehingga aku harus menunggu dua minggu tambahan hingga mereka merevisi data diriku. 

So, aku menjalani ujian matematika ini di tanggal  25 february 2022 di Adult Education center. Kita harus datang 15 menit sebelum waktu ujian dimulai, mengisi form consent, pemeriksaan data diri, di foto lalu diantar oleh petugas ke ruangan ujian.

Didalam ruang ujian, terdapat komputer-komputer yang disusun rapi. Saat itu ada sekitar 10 orang yang juga mengikuti ujian bersamaku. Untuk ujian GED di Amerika, tidak menggunakan pensil dan kertas , soal-soal sudah tersedia didalam komputer dan kita menjawab dengan cara mengklik jawaban yang benar. 

Untuk matematika terdapat 45-49 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 115 menit. oiya kita juga akan diberikan kalkulator dan lembar rumus untuk membantu dalam mengerjakan ujian tersebut. 

untuk mengikuti ujian GED ini tidak dipungut biaya sama sekali, namun jika kita gagal atau ingin memperbaiki nilainya lebih baik, kita harus membayar sendiri ujian pengulangan tersebut. Score minimum yang harus kita dapatkan adalah 145 of 200.  Sebagai tambahan aturan GED diberbagai state itu berbeda, semisal di Adult Learning tempatku belajar mereka memperbolehkan retake GED jika nilai kita kurang bagus namun harus membayar sendiri biayanya.  

 

WHAT NEXT?

Ini salah satu bagian yang paling penting, setelah selesai belajar dan tes GED apa yang harus kita lakukan? kita bisa mencari pekerjaan atau melanjutkan sekolah sesuai jurusan yang kita minati. Oiya GED tidak ada masa expired nya jadi bisa digunakan selamanya baik untuk bekerja maupun lanjut sekolah. Lebih jauh mengenai sistem pendaftaran perkuliahan setelah mendapatkan GED akan aku bahas, setelah aku melanjutkan sekolah ya.


Semoga informasi ini bermanfaat buat temen-teman para imigran yang saat ini sedang bingung mau ngapain dan mencari tujuan hidup. Melanjutkan sekolah atau bekerja tentu saja memberikan manfaat untuk masa depan di Amerika yang lebih baik.

Terimakasih sudah membaca

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *